Informasi Pendidikan dan dunia Kerja

cari informasi pendidikan dan dunia kerja? disini tempatnya

infobangsa

Download Soal & Pembahasan CAT SKD CPNS 2018

Download Contoh Soal CAT SKD CPNS 2018. Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 ini telah mendapatkan perhatian dari kebanyakan masyarakat di Indonesia yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) jalur umum. Pada tahun 2018 ini, Pemerintah telah resmi mengumumkan rekrutmen CPNS dan pendaftaran dibuka melalui portal sscn.bkn.go.id. Pada sistem seleksi CPNS tahun 2018 ini masih tergolong sama dengan seleksi CPNS tahun lalu.  Untuk seleksi penerimaan sendiri yang paling harus diperhatikan oleh para pelamar adalah seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem Ujian Online yang disebut dengan istilah Computer Assisted Test (CAT). Ujian CAT sendiri bisa dibilang mudah juga bisa dibilang susah. Maka dari itu, para pelamar CPNS harus sering-sering mengerjakan Soal CAT SKD CPNS 2018.

Download Contoh Soal SKD CAT BKN 2018. Pada kesempatan ini, kami ingin memberikan informasi yang sangat berguna bagi para pelamar CPNS Tahun 2018 ini baik pelamar CPNS untuk instansi pusat maupun CPNS di daerah. Anda dapat mengunduh atau Download Contoh Soal CAT BKN yang umumnya digunakan untuk Seleksi Kompetensi Dasar pada penerimaan CPNS Tahun 2018 ini. Contoh Soal SKD berbasis CAT CPNS 2018 ini sudah termasuk meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteleginsia Umum (TIU) dn Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal Test pada Seleksi kompetensi dasar ini dapat digunakan sebagai latihan untuk para pelamar CPNS yang akan menghadapi Soal Ujian CAT SKD CPNS 2018 pada tanggal dan waktu yang sudah ditentukan oleh panitia. 

Sebelum Anda mendownload Contoh Soal CAT BKN SKD CPNS 2018 , ada baiknya jika Anda mengetahui lebih lanjut tentang materi-materi yang akan diujikan pada tes Seleksi kompetensi dasar yang menggunakan sistem ujian CAT BKN ini. Sesuai dengan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 yang disitu juga dijelaskan mengenai Tes pada Seleksi Kompetensi Dasar yang harus diikuti oleh para peserta Rekrutmen CPNS 2018. 

Yang dimaksud dengan Kompetensi Dasar adalah kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia. Sedangkan yang dimaksud dengan CAT adalah suatu metode seleksi/tes dengan menggunakan komputer. 

Materi Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 ini meliputi

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes ini diberikan kepada para pelamar CPNS tahun 2018 dengan tujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan Kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) pilar kebangsaa Indonesia yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar. 

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes ini diberikan kepada para pelamar CPNS tahun 2018 dengan tujuan untuk menilai Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis, kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka, kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara tuntut dan sistematis dan Kemampuan berpikir analtis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes ini diberikan dengan tujuan untuk menilai Integritas diri para pelamar CPNS, Semangat berprestasi, kreativias dan inovasi, Orientasi pada pelayanan, Orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemampuan dan kemauan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain. 

Pada Tes Seleksi Kompetensi Dasar yang menggunakan sistem CAT ini para peserta wajib mendapatkan nilai yang sesuai atau memenuhi Passing Grade (nilai ambang batas). Apabila para peserta sudah mencapai nilai diatas atau memenuhi passing grade maka peserta ujian dinyatakan lulus ujian CAT SKD.

Namun, untuk beberapa kementerian peserta yang telah lulus Ujian CAT SKD belum tentu semuanya akan mengikuti atau bisa mengikuti tes selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang. Karena semua peserta yang lulus nantinya akan dirangking dan diambil sesuai dengan kuota untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang. 

Berikut ini merupakan cuplikan materi dan kisi-kisi soal CAT CPNS yang dapat Anda unduh file lengkapnya pada link download yang tersedia di bawah.

1. Tes Wawasan Kebangsaan 
PANCASILA.
A. Ideologi Pancasila
Ideologi merupakan istilah yang berasal dari Yunani. Terdiri dari dua kata, idea dan logi. Idea artinya melihat  (idean),  dan  logi  berasal  dari  kata  logos  yang  berarti  pengetahuan  atau  teori.  Dengan demikian  dapat  diartikan  bahwa  ideologi  adalah  hasil  penemuan  dalam  pikiran  yang  berupa pengetahuan atau teori. Ideologi dapat pula diartikan sebagai suatu kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas, pendapat (kejadian) yang memberikan arah tujuan untuk kelangsungan hidup.
  1. Jenis-Jenis Ideologi Pancasila pada umumnya
  2. Jenis Norma
  3. Ciri-Ciri Ideologi

B. Pancasila
  1. Arti Kata Pancasila
Kata atau istilah Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Panca yang berarti Lima dan Sila yang berarti Dasar atau Asas. Secara harfiah, pancasila itu diartikan sebagai dasar yang memiliki lima unsur.    Pancasila merupakan istilah yang dipopulerkan oleh Ir. Soekarno dalam pidatonya disidang  BPUPKI  pada  tanggal  1  Juni  1945,  yang  untuk  selanjutnya  ditetapkan  sebagai  hari lahirnya pancasila.
  2. Sejarah Lahirnya Pancasila
  3. Nilai dalam Pancasila
  4. Asasl-Usul Pancasila
  5. kedudukan Pancasila
  6. Arti Makna dari Lambang Negara

KONSTITUSI DAN UUD 1945
A. Konstitusi 
1.  Pengertian Konstitusi
a.  Pengertian secara etimologis (bahasa)
  Inggris    : constitution yang punya makna lebih luas dari UUD
  Latin    : constituere yang berarti membuat sesuatu agar berdiri/mendirikan
  Perancis  : constituer yang berarti membentuk
  Hukum Islam  : dustus yang berarti kumpulan faedah yang mengatur masyarakat
  Indonesia  : konstitusi  UUD
b.  Pengertian  konstitusi  secara  terminologis  adalah  keseluruhan  peraturan  baik  yang  tertulis maupun  tidak  tertulis  yang  mengatur  secara  mengikat  cara  suatu  pemerintahan diselenggarakan dalam suatu masyarakat negara.
c.  Berlakunya konstitusi sebagai hukum dasar didasarkan atas kekuasaan tertinggi atau prinsip kedaulatan yang dianut dalam suatu negara. Jika negara menganut paham kedaulatan rakyat (demokratis),  sumber  legitimasi  konstitusi  adalah  rakyat.  Jika  yang  berlaku  adalah  paham kedaulatan raja, raja yang menentukan berlaku tidaknya suatu konstitusi.
d.  Suatu  konstitusi  yang digolongkan sebagai konstitusi demokratis haruslah memiliki prinsipprinsip dasar demokrasi itu sendiri, yaitu:
  * Menempatkan warga negara sebagai sumber utama kedaulatan.
  * Mayoritas berkuasa dan terjaminnya hak minoritas.
  * Pembatasan pemerintahan.
  * Pembatasan dan pemisahan kekuasaan negara yang meliputi:
   – Pemisahan wewenang kekuasaan berdasarkan trias politika.
   – Kontrol dan keseimbangan lembaga-lembaga pemerintahan.
   – Proses hukum.
   – Adanya pemilihan umum sebagai mekanisme peralihan kekuasaan.

e.  Adapun syarat terjadinya konstitusi
  – Adanya perlindungan atas asas demokrasi.
  – Adanya kedaulatan rakyat.
  – Adanya hukum yang adil.

B. UUD 1945
1.  Pendahuluan
UUD sebagai konstitusi tertulis merupakan dokumen formal yang berisikan:
a.  Hasil perjuangan politik bangsa di waktu yang lampau.
b.  Tingkat-tingkat tertinggi perkembangan ketatanegaraan bangsa.
c.  Pandangan tokoh-tokoh bangsa yang hendak diwujudkan baik untuk waktu sekarang maupun untuk waktu yang akan datang.
d.  Suatu keinginan, di mana perkembangan kehidupan ketatanegaraan bangsa hendak dipimpin.

Contoh Soal Pancasila dan UUD 1945:

1.  Penyelenggara Yang bersih dan bebas KKN sesuai dengan Undang-Undang (UU) nomor …
a.  22 tahun 1998
b.  28 tahun 1998
c.  32 tahun 1998
d.  34 tahun 1999
e.  18 tahun 2000
2.  Pembukaan  UUD  1945  tercantum  dalam Piagam Jakarta yang disahkan pada tanggal …
a)  29 Mei 1945
b)  1 Juni 1955
c)  22 Juni 1945
d)  14 Juni 1945
e)  17 Agustus 1945
3.  Tata  urutan  perundang-undangan  yang memegang urutan paling rendah adalah …
a.  Peraturan daerah
b.  Peraturan Pemerintah
c.  Keppres
d.  UU
e.  Perpu
4.  Untuk  mengubah  pasal-pasal  UndangUndang  Dasar,  siding  MPR  dihadiri  oleh sekurang-kurangnya … dari jumlah anggota MPR.
a)  1/2
b)  3/4
c)  3/5
d)  2/3
e)  4/5
5.  Dasar  Negara  Indonesia,  yaitu  Pancasila ditetapkan oleh …
a.  Panitia Sembilan
b.  BPUPKI
c.  Jepang
d.  PPKI
e.  KNIPiR.

Pembahasan Pancasila dan UUD 1945:
1.  Cukup Jelas (A)
2.  Piagam  Jakarta  (Jakarta  Charter) ditandatangani  sekaligus  disahkan  oleh Panitia Sembilan pada tanggal 22 Juni 1945. Piagam  Jakarta  ini  awalnya  akan  dijadikan teks kemerdekaan, tetapi kemudian dijadikan sebagai pembukaan UUD 1945. (C)
3.  Berdasarkan  TAP  MPR  No.  III/MPR/2000
tentang  Sumber  Hukum  dan  Tata  Urutan Peraturan Perundang-Undangan, tata urutan Peraturan  Perundang-Undangan  Republik Indonesia adalah:
1)  UUD 1945
2)  Ketetapan MPR RI
3)  Undang-Undang
4)  Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu)
5)  Peraturan Pemerintah
6)  Keputusan Presiden
7)  Peraturan Daerah (A)
4.  Ketetapannya terdapat pada pasal 37 ayat 3 UUD 1945 (D)
5.  Dalam  sidangnya  yang  pertama,  pada tanggal 29 Mei sampai dengan tanggal 1 Juni 1945  BPUPKI  membahas  asas  dan  dasar Negara  Indonesia  Merdeka,  lahirah Pancasila. (B)

Demikianlah dan seterusnya…. 

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan ujian sistem CAT (komputer) bagi para pelamar CPNS tahun 2018 ini baik dari CPNS Pusat maupun di Instansi Daerah yang akan mengikuti proses Seleksi Kompetensi Dasar. Untuk mendownload Contoh Soal Seleksi Kompetensi Dasar CAT BKN CPNS 2018, silahkan langsung klik link download di bawah ini, kemudian klik tombol download. 

Link Download: 

Materi, Soal, Jawaban & Pembahasan Lengkap CAT CPNS 2018

KISI-KISI, MATERI, SOAL & PEMBAHASAN
Soal & Pembahasan CAT CPNS 1
Soal & Pembahasan CAT CPNS 2
Soal & Pembahasan CAT CPNS: Tata Negara
Soal & Pembahasan CAT CPNS: Falsafah Ideologi
Soal & Pembahasan CAT CPNS: Sejarah Nasional Indonesia 
Soal & Pembahasan CAT CPNS: Pengetahuan Umum
Soal & Pembahasan CAT CPNS: Bahasa Indonesia
Soal & Pembahasan CAT CPNS: Bahasa Inggris
Soal & Pembahasan CAT CPNS: Antonim (Lawan Kata)
Soal & Pembahasan CAT CPNS: Padanan Kata
11. Soal & Pembahasan CAT CPNS: Menggambar
12. Soal & Pembahasan CAT CPNS: Bakat Skolastik
13. Soal & Pembahasan CAT CPNS: Aritmatik
14. Soal & Pembahasan CAT CPNS: Logika Angka
15. Soal & Pembahasan CAT CPNS: Logika Formil

Soal Latihan TKD / SKD – TIU CPNS 2018 (KLIKDISINI)

Soal Latihan TKD / SKD – TWK CPNS 2018 (KLIKDISINI)

Download Soal Latihan TKD / SKD – TKP CPNS 2018 (KLIKDISINI)

BERIKUT INI DOWNLOAD SOAL LATIHAN TKD / SKD KHUSUS TIU

SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 1 (Klik disini)

SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 2 (Klik disini)

SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 3 (Klik disini)

SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 4 (Klik disini)

SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 5 (Klik disini)

SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN SKD Tes Intelegensi Umum (TIU) 6 (Klik disini) 

Contoh Soal dan Kunci Jawaban serta Pembahasan Tes SKD CPNS 

Soal dan Jawaban Test Intelegensi Umum (TIU)
Soal dan Jawaban Test Wawasan Kebangsaan

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *