Informasi Pendidikan dan dunia Kerja

cari informasi pendidikan dan dunia kerja? disini tempatnya

infobangsa

MenPAN Menunda Penerimaan CPNS Baru tahun 2016

MenPAN Menunda Penerimaan CPNS Baru tahun 2016 – Perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2016 ini sudah ditunggu-tunggu oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang berminat ingin menjadi PNS. Informasi mengenai perekrutan CPNS jalur umum sendiri belum ada kepastian kabar kapan akan dilaksanakan, karena dari Kementerian Pendayagaunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) belum merilis jadwal yang pasti. Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini Menteri Yuddy telah meminta PEMDA untuk menunda perekrutan CPNS baru seperti yang telah disampaikan lewat surat resminya. 

Pelaksanaan TKD sistem CAD di Poltekkes Bandung

MenPAN-RB, Yuddy Chisnandi telah meminta penundaan kepada beberapa pemerintah provinsi, kabupaten dan kota untuk melakukan penerimaan pegawai baru dalam tahun anggaran 2016. Selain itu, penerimaan CPNS baru dari pelamar umum untuk tahun ini sangatlah dibatasi. Hal tersebut merupakan pukulan telak bagi masyarakat yang selama ini menanti-nanti pendaftaran perekrutan CPNS baru tahun 2016 ini. 

Perihal penundaan perekrutan CPNS tersebut telah dituangkan dalam Surat Menteri mengenai Informasi pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2016 yang tertanggal 25 Juli 2016. Yuddy juga mengungkapkan, “Kami minta agar pemerintah provinsi, kabupaten dan kota melakukan redistribusi pegawai, baik secara internal maupun antar instansi seperti yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak dan Badan Intelegen Negara,” ungkapnya seperti yang dimuat dilaman resmi MenPAN-RB Selasa (26/7).

Baca Juga: Surat Menpan Terkait Penerimaan ASN Baru 2016

Di dalam surat tersebut juga dijelaskan mengenai pembatasan untuk pelamar umum dalam penerimaan pegawai (CPNS) baru, terkecuali untuk pengangkatan seorang dokter, dokter gigi, dan bidan pegawai tidak tetap (PTT) Kementerian Kesehatan, Guru Garis Depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THL-TB0 Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian. Namun, “Mereta harus lulus seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT)” kata Yuddy. 

Kebijakan mengenai penundaan penerimaan pegawai baru (CPNS) tahun ini sejalan dengan komiten pemerintah Kabinet Kerja 2015 – 2019 dan arahan Presiden RI dalam Sidang Kabinet/Rapat Kerja tanggal 7 Juni 2016. Di situ Presiden mengegaskan agar setiap kementerian melakukan penghematan anggaran dan lebih diarahkan untuk memperbesar belanja modal. Selain itu, Presiden juga mewanti-wanti agar anggaran yang telah didedikasikan untuk rakyat benar-benar berjalan secara efisien dan dijaga dengan penuh integritas. 

Maka dari itu, Menteri Yuddy mengajak pemerintah Provinsi, kabupaten dan kota melakukan efisien penggunaan anggaran belanja di luar belanja modal, antara lain dengan cara menunda melakukan penerimaan pegawai baru dalam tahun 2016.

Jadi, bagi masyarakat Indonesia yang ingin menjadi PNS dan sekarang masih menunggu jadwal penerimaan CPNS baru, supaya tetap bersabar dan terus berusaha mencari pekerjaan lain yang sekiranya dapat memberikan masukan yang cukup besar, dari pada menunggu datangnya CPNS akan tetapi kita masih menganggur. 

Tetap semangat, Good luck…

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *